Penyebab Baterai Ponsel Boros dan Cepat Habis

  • Whatsapp
Penyebab Baterai Ponsel Boros dan Cepat Habis

Penyebab Baterai Ponsel Boros – Ponsel saat ini sudah mempunyai baterai berkapasitas besar yang berguna untuk menunjang penggunaan sehari-hari. Pada penggunaan normal, dari penuh sampai habis bisa bertahan dalam 1 hari jika dipakai mengakses fitur standar dan bermain game sebentar saja. Tapi ada waktunya baterai terlalu cepat habis yang mana pemakaiannya normal dan itu menjadi sangat tidak wajar.

Pada artikel kali ini akan dijelaskan masalah paling umum yang terjadi pada ponsel ketika baterai terlalu cepat habis. Berikut alasan penyebab baterai ponsel boros dan cepat habis.

Read More

Layar Ponsel

Layar adalah pengguna baterai terbesar sejak smartphone modern muncul. Panelnya terus menjadi besar, lebih cerah, dan lebih berwarna, serta memiliki pixel yang lebih tinggi. Meskipun meningkatkan pengalaman dalam penggunaan ponsel secara umum, semua faktor ini juga membuat layar ponsel lebih haus daya.

Cara memeriksa penggunaan baterai (kebanyakan perangkat android sama dalam pengaturan ini):

  • Buka Pengaturan.
  • Pilih Baterai.
  • Tekan tombol menu tiga titik di sudut kanan atas.
  • Ketuk Penggunaan baterai.
  • Tekan tombol menu tiga titik di sudut kanan atas.
  • Ketuk Tampilkan penggunaan perangkat

Periksa penggunaan baterai dan akan menemukan sebagian besar waktu layar akan menempati posisi teratas. Teknologi tampilan ponsel pintar berkembang jauh lebih cepat daripada teknologi baterai, yang membuat masa pakai baterai menjadi berkurang.

Tips untuk mengurangi pengurasan baterai layar

  • Gunakan kecerahan layar yang lebih rendah. Meredupkan kecerahan layar akan membantu menghemat baterai secara signifikan.
  • Gunakan kecerahan adaptif. Ini akan memastikan mendapatkan layar yang cerah saat membutuhkannya, tetapi juga menghemat baterai saat kecerahan tinggi tidak diperlukan.
  • Kurangi kecepatan refresh layar. Beberapa perangkat menggunakan layar dengan kecepatan refresh yang lebih tinggi, dan ini dapat di atur di pengaturan.
  • Jangan gunakan wallpaper animasi. Menggunakan wallpaper animasi akan membuat tampilan ponsel terlihat bagus, tetapi ponsel pada dasarnya menjalankan animasi ini setiap saat, dan itu menghabiskan baterai.
  • Gunakan wallpaper hitam. Jika memiliki layar AMOLED, menggunakan wallpaper hitam adalah cara paling hemat daya.

Jaringan Provider

Area dengan penerimaan jaringan ponsel yang buruk menjadi penguras baterai. Ponsel terus berkomunikasi dengan menara terdekat, mencoba membuat tetap terhubung setiap detiknya. Jika tidak bisa, itu akan bekerja ekstra keras untuk menjangkau jaringan sampai ponsel mendapat sinyal.

Jika tinggal di daerah pedesaan, bekerja di gedung besar, atau sering berada di daerah dengan layanan yang buruk, kemungkinan besar ponsel akan lebih boros dari biasanya.

Cara meningkatkan sinyal untuk mengurangi pengurasan baterai

  • Ganti operator. Keandalan operator bervariasi menurut area, kota, dan lingkungan. Lakukan riset dan cari tahu operator mana yang bekerja paling baik dan pertimbangkan untuk beralih.
  • Mode pesawat. Fitur mode Pesawat dapat memaksa antena ponsel untuk istirahat. Matikan semua konektivitas dan ponsel tidak akan bekerja keras untuk tetap terhubung. Anda dapat melakukan ini ketika berada di tempat yang Anda tahu memiliki layanan yang buruk. Atau, Anda dapat menggunakan alat pintar seperti IFTTT untuk mengotomatiskan mode Pesawat berdasarkan lokasi.
  • Perluasan jaringan. Operator sering kali menawarkan perluasan jaringan yang menggunakan internet untuk memberi Anda sinyal. Pertimbangkan untuk mendapatkannya jika tahu Anda berada di tempat dengan layanan yang buruk untuk waktu yang lama. Anda dapat memilikinya di rumah atau kantor untuk memastikan sinyalnya kuat di tempat Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda.
  • Penguat sinyal. Produk ini memiliki antena luar yang dapat menangkap penerimaan. Sinyal tersebut kemudian disebarkan ke seluruh rumah dengan antena internal.

Aplikasi dan layanan latar belakang

Tetap periksa aplikasi apa saja yang membuat baterai ponsel cepat habis. Aplikasi tertentu menghabiskan daya baterai lebih banyak daripada yang lain. Yang jelas itu adalah YouTube, Netflix, dan layanan streaming lainnya. Anda mungkin juga ingin menghindari bermain game jika ingin menghemat energi, karena menggunakan daya baterai yang sangat besar, terutama jika menyukai judul game dengan grafis kelas atas.

Banyak aplikasi menghabiskan baterai tanpa penggunaan aktif. Aplikasi seperti Facebook, Messenger, Instagram, dan WhatsApp adalah yang paling umum. Layanan komunikasi seperti ini mencoba membuat tetap terhubung dan diperbarui setiap saat. Artinya, aplikasi terus beroperasi di latar belakang, menggunakan data, menarik lokasi, mengirim pemberitahuan, dan banyak lagi. Belum lagi fakta bahwa kita cenderung menghabiskan banyak waktu menggunakan aplikasi ini.

Cara Memperbaiki Aplikasi yang Bekerja di Latar belakang

  • Menjaga aplikasi tetap minimal dengan menghapus aplikasi yang tidak diperlukan. Lakukan pembersihan dan hapus aplikasi yang memang tidak dibutuhkan.
  • Hentikan aplikasi agar tidak bekerja di latar belakang. Jika melihat suatu aplikasi menghabiskan terlalu banyak daya, Anda dapat membatasi latar belakangnya. Cukup buka Pengaturan> Aplikasi & pemberitahuan> Pilih aplikasi> Lanjutan> Baterai> Pembatasan latar belakang> Batasi.
  • Tutup aplikasi. Lakukan jika benar benar menghabiskan baterai dengan paksa berhenti.

Masalah baterai lainnya

  • GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth. Seberapa sering Anda menggunakan fitur ini? Anda membiarkannya hidup setiap saat, tetapi jarang menggunakannya. GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth menggunakan baterai, meskipun sedikit. Matikan saat tidak membutuhkannya dan Anda akan melihat peningkatan dalam masa pakai baterai.
  • Mengambil foto dan video membutuhkan banyak daya. Hindari melakukannya terlalu sering dan baterai ponsel akan bertahan lebih lama.
  • Suhu yang lebih rendah memengaruhi masa pakai baterai secara signifikan. Roger Gurney, pemilik Arctic Tech Solutions memberi tahu USA Today bahwa baterai lithium-ion berhenti mengeluarkan listrik dalam cuaca yang sangat dingin. Dia melanjutkan dengan menyebutkan paparan cuaca dingin yang konstan dapat merusak baterai secara permanen. Solusi yang baik adalah menjaga ponsel tetap dekat dengan Anda agar suhu tetap hangat.
  • Pembaruan perangkat lunak sering kali disertai dengan peningkatan masa pakai baterai, jadi sebaiknya selalu perbarui ponsel Anda ke versi perangkat lunak terbaru yang tersedia.

Demikianlah artikel tentang Penyebab Baterai Ponsel Boros dan Cepat Habis, semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *