Kiat Melindungi Data Pribadi Saat Belanja Online

  • Whatsapp
Kiat Melindungi Data Pribadi Saat Belanja Online

Kiat Melindungi Data Pribadi – Kebanyakan dari kita, lebih memilih berbelanja barang secara online. Apalagi dengan semakin banyaknya toko toko online di Indonesia. Memastikan bahwa kita berbelanja online dengan aman adalah yang terpenting.

Marketplace seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia dan sejenisnya sudah dijamin aman (walaupun pernah terjadi kebobolan data) jika anda hanya mengakses semuanya di dalam aplikasi tersebut.

Read More

Keamanan yang rentan biasanya terpada pada situs toko online yang dikelola secara pribadi atau kelompok kecil. Seperti penjualan di blog pribadi atau akun instagram dan aplikasi sosial media lain.

Sebelum menambahkan barang apa pun ke keranjang belanja, ada beberapa kebiasaan online yang aman yang harus dipertimbangkan untuk diterapkan demi melindungi data pribadi. Keamanan belanja online Anda sangat bergantung pada bagaimana Anda berperilaku saat online. Meskipun ini mungkin terdengar biasa saja, namun mengabaikan pentingnya pengamanan data bisa menjadi sangat berbahaya.

Berikut ini semua Kiat Melindungi Data Pribadi Saat Belanja Online menjaga keamanan uang dan data Pribadi.

Hindari Menggunakan Wifi Publik

Meskipun membeli sesuatu secara online saat menggunakan WiFi publik bisa menghemat paket internet, ini mempunyai beberapa risiko tersembunyi. Jaringan WiFi publik rentan terhadap penyalahgunaan, memungkinkan peretas untuk mengetahui semua jenis data pribadi, termasuk riwayat penjelajahan, akses ke email dan kata sandi.

Terlebih lagi, jika memutuskan untuk berbelanja online saat menggunakan koneksi WiFi publik, Anda juga berisiko memberikan detail kartu kredit dan data pribadi. Oleh karena itu, jauh lebih aman untuk melakukan semua belanja online menggunakan koneksi internet yang aman.

Gunakan VPN Atau Data Seluler Anda

VPN (Virtual Private Network) atau jaringan pribadi virtual, merutekan koneksi dari komputer dan penyedia layanan internet ke server pribadi VPN. Meskipun ini mungkin terdengar sedikit rumit, itu berarti mengenkripsi koneksi antara komputer dan server VPN, sehingga sangat sulit bagi peretas untuk mengakses data pribadi.

Namun, jika tidak ingin ribet, cukup gunakan paket data ponsel untuk melakukan pembelian online karena ini lebih aman melindungi data pribadi daripada menghubungkan ke WiFi publik, dan tidak mengharuskan menggunakan VPN.

Periksa Kata Sandi

Sering kali pengguna internet membuat akun dengan kata sandi yang lemah dan asal asalan. Pada Tahun 2019, 23,2 juta korban penipuan akun di seluruh dunia diretas karena mereka menggunakan kata sandi yang mudah ditebak yaitu 123456. Untuk memastikan kata sandi Anda kuat agar data pribadi aman, dan untuk belanja online yang aman, pertimbangkan untuk melakukan hal berikut:

  • Jangan gunakan kata sandi yang sama di semua akun, jika salah satu diretas, maka semua akun bisa diretas
  • Menggunakan frase panjang karena jauh lebih efektif daripada menggunakan satu kata
  • Pertimbangkan untuk menggunakan pengelola kata sandi yang membuat kata sandi unik dan kuat untuk setiap situs web
  • Bila perlu, gunakan generator kata sandi yang banyak beredar di internet

Mewaspadai Penipuan Lewat Email

Penipuan lewat email menjadi semakin canggih dan sulit dideteksi, Anda harus ekstra waspada saat membuka kotak masuk. Namun, jika menerima email aneh dari alamat yang tidak dikenal, kemungkinan besar itu adalah email penipuan.

Jangan mengklik tautan apa pun di dalam email tersebut karena dapat menginfeksi komputer dengan virus. Segera hapus email tersebut, walaupun terletak di folder spam.

Perbarui Komputer Dan Telepon Secara Teratur

Memastikan komputer dan ponsel menggunakan sistem operasi terbaru untuk melindunginya dari infeksi malware. Ini karena peretas menemukan titik lemah di komputer dan sistem operasi ponsel yang berbeda. Perusahaan telepon dan komputer terus bekerja untuk mencoba menemukan kerentanan ini dan menambalnya sebelum peretas dapat mengeksploitasinya.

Melindungi Keamanan Pembayaran

Saat berbelanja online, keamanan pembayaran sangat penting untuk melindungi data pribadi. Menyerahkan data pribadi ke situs web dapat membahayakan uang dan data. Berikut yang harus diperhatikan untuk memastikan pembayaran online tetap aman:

  • Jangan berikan terlalu banyak informasi

Jika sebuah situs web meminta untuk memberikan informasi pribadi yang tidak perlu seperti nomor KTP, di mana dilahirkan, atau informasi mengenai anggota keluarga, kemungkinan besar itu adalah penipuan. Jika Anda bingung mengapa situs web ingin mengetahui informasi pribadi tambahan, coba hubungi mereka. Jika gagal, tinggalkan saja situs tersebut.

  • Hanya bayar melalui metode tepercaya

Melakukan pembayaran dengan metode pembayaran yang sah. Sudah banyak cara pembayaran yang disediakan terutama dengan menggunakan pihak ketiga sebagai perantara. Carilah informasi perantara yang sudah terbukti kejujurannya. Jika anda melakukan belanja berkaitan dengan keperluan internet, silahkan kunjungi P-Store sebagai perantara.

Demikianlah informasi tentang Kiat Melindungi Data Pribadi Saat Belanja Online, semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment